Jakarta, Aktual.com – Rubella merupakan penyakit akut yang bisa menginfeksi anak dan dewasa. Apalagi pada wanita yang disertai gejala demam tinggi, bercak kemerahan atau ruam pada kulit yang biasanya di bagian telinga belakang yang disertai dengan pilek dan batuk.

“Jika wanita hamil terserang rubella, wanita tersebut dapat mengalami keguguran atau melahirkan bayi yang memiliki kelainan pada jantung, mata, pendengaran, dan pada sistem saraf pusat,” kata Lely, seorang bidang di Kelurahan Pengadegan, Jakarta Selatan.

Untuk itu, orangtua harus segera memberikan imunisasi Measles dan Rubella atau MR pada anak usia sembilan bulan hingga kurang dari 15 tahun demi menghindarkan anak dari penyakit kelainan bawaan.

Seperti di Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, mereka menargetkan sebanyak 26.000 anak sudah mulai diimunisasi vaksin rubella, sedangkan 4.200 anak di Kelurahan Pengadegan, Jakarta Selatan sudah divaksinasi campak dan rubella.

Penyakit campak atau measles rubella dikhawatirkan dapat mengakibatkan munculnya penyakit berbahaya seperti meningitis, diare, paru-paru basah, kerusakan pada otak, bahkan menyebabkan kematian.

(Wisnu)