Jakarta, Aktual.co — Laju nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan awal pekan pagi ini dibuka menguat tipis. Berdasarkan data Bloomberg Dollar Index, Senin (27/4) Rupiah bergerak menguat 0,02 persen ke level Rp 12.920 dibandingkan posisi sebelumnya di penutupan perdagangan Jumat (24/4) di level Rp 12.922 per dolar AS.

NH Korindo Securities Indonesia dalam risetnya mengemukakan, laju Rupiah di akhir pekan lalu berakhir melemah. Berlanjutnya penguatan sejumlah mata uang Asia belum dapat memberikan sentimen positif pada laju Rupiah.

“Dan tampaknya laju Rupiah belum dapat memenuhi harapan kami hingga kembali melemah. Yang menarik ialah pada saat yang bersamaan, nilai dolar AS kembali turun dengan dirilisnya data-data ketenegakerjaan yang kurang baik,” ujar Kepala Riset dari NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada.

Pada Senin (27/4), Reza memprediksikan laju Rupiah berada di bawah target level resisten 12.936, yakni Rp12.953-12.935 (kurs tengah BI). Menurutnya, meskipun pelemahan yang terjadi tidak terlalu dalam, namun jika pelaku pasar masih melakukan aksi jual di Rupiah maka peluang Rupiah untuk menguat akan terbatas.

“Tetap cermati dan antisipasi terhadap sentimen-sentimen yang membuat pelemahan masih berlanjut,” pungkasnya.

Artikel ini ditulis oleh: