Arita Prima Indonesia, Tbk
Arita Prima Indonesia, Tbk

Jakarta, Aktual.com – Direktur Independen PT Arita Prima Indonesia Tbk, Liang Tjoen menyampaikan bahwa Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Arita Prima Indonesia Tbk yang digelar hari ini menyetujui penetapan penggunaan laba dan pembagian dividen tunai sebesar Rp 3,22 miliar.

“RUPS juga menyepakati untuk memberikan kuasa dan wewenang kepada direksi perseroan guna menetapkan jadwal realisasi pembagian dividen tersebut sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Direktur Independen PT Arita Prima Indonesia Tbk, Liang Tjoen seusai RUPS perseroan di Jakarta, Kamis (8/6).

Selain itu, tuturnya, RUPS kali ini juga menyetujui dan mengesahkan laporan tahunan perseroan, termasuk laporan direksi mengenai usaha tahun 2016 dan laporan tugas pengawasan dewan komisaris untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2016.

Mengenai kinerja perseroan pada tahun 2016, Liang Tjoen menjelaskan, pada tahun 2016 perseroan berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 21,4 miliar atau naik sebesar Rp4,7 miliar (meningkat 28 persen) dibanding periode sebelumnya.

Dari sisi ekuitas, paparnya. terjadi peningkatan sebesar Rp 18,6 miliar atau menguat 8 persen dibandingkan tahun sebelumnya di mana kenaikan ini berasal dari laba periode 2016.

Sedangkan, kewajiban perseroan pada tahun 2016 tercatat sebesar Rp 168,7 miliar, turun sebesar Rp 32,5 miliar atau berkurang 16 persen di banding periode sebelumnya

“Penurunan ini terjadi karena adanya pelunasan sebagian utang jangka pendek untuk mengurangi beban keuangan perseroan,” ujarnya.

Liang Tjoen menjelaskan, ke depan perseroan akan berusaha untuk meningkatkan kinerjanya agar lebih baik di tahun-tahun mendatang dengan melakukan ekspansi usaha melalui diversifikasi produk, pembangunan pabrik manufaktur, dan efisiensi operasi.

Selain itu, perseroan juga akan meningkatkan aktivitas pemasaran dan pengembangan startegi penjualan untuk bisa meningkatkan penjualannya.

Seiring dengan itu, pihaknya juga akan melakukan berbagai pemeliharaan kualitas produk dengan harga yang kompetitif sehingga produk-produk perseroan semakin bersaing di pasar.

”Kami juga akan meningkatkan pemeliharaan hubungan yang harmonis dengan pelanggan dan pemasok. Serta peningkatan kompetensi SDM yang berkelanjutan dan berdasarkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Dengan berbagai upaya tersebut kami harapkan kinerja tahun 2017 nanti akan lebih baik dari tahun 2016,” pungkasnya.

(Ismed Eka Kusuma)