Kegiatan ini merupakan aksi simpatik untuk mengajak masyarakat agar peduli dan memerangi persebaran informasi hoax yang marak di media sosial. AKTUAL/Munzir

Jakarta, Aktual.com – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan Polri akan memperkuat peran Satgas Nusantara untuk mengantisipasi munculnya ujaran kebencian dan informasi hoaks serta kampanye hitam jelang Pemilu 2019.

“Polri akan kuatkan kembali Satgas Nusantara. Meminimalisir upaya-upaya perbuatan melawan hukum, menekan penyebaran informasi hoaks, dan menekan upaya yang menghalalkan segala cara untuk memenangkan salah satu pasangan calon,” kata Brigjen M. Iqbal di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (10/8).

Polri pun akan memaksimalkan upaya pencegahan tersebut dengan menggandeng seluruh pemangku kepentingan diantaranya tokoh masyarakat, tokoh agama, pemerintah pusat maupun daerah dan ormas. “Negara harus hadir di tengah masyarakat,” katanya.

Polri meminta para peserta Pemilu, partai pendukung serta simpatisan agar berkampanye secara sehat dengan mensosialisasikan program-program mereka.

“Jangan menebarkan ujaran kebencian, hoaks hanya untuk memenangkan pasangan calon tertentu,” katanya.

(Andy Abdul Hamid)