BAGIKAN

‘Anggota Komisi III DPR RI Tantang ‘Nyali’ KPK Periksa Freeport’

Jakarta, Aktual.com – Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Masinton Pasaribu menantang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melakukan pemeriksaan terhadap PT Freeport Indonesia terkait dugaan kasus korupsi yang melibatkan sejumlah elit politik.

“OTT yang iprit-iprit, cari yang kakap ya kan. Disini sebenarnya kita uji nyali KPK. Iya dong, kalau memang demi kepentingan bangsa kita jangan cuma nangkapin yang iprit-iprit tadi, nah ini Freeport,” tegas Masinton dalam agenda diskusi bertema ” Membedah Skema Perundingan Antara Pemerintah dan PT Freeport” di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, hal itu sejalan dengan jargon KPK, yakni; Berani Jujur Hebat, yang menjadi tolak ukur keberanian KPK dalam memberantas korupsi.

“Kalau ngga berani sama Freeport yang ngga ada hebat-hebatnya. Itu aja, kita ini kan tolak ukurnya jangan yang kecil-kecil lah,” katanya.

Selain itu, Masinton juga mengajak seluruh elemen untuk mengawal proses negosiasi antara pemerintah dan PT Freeport.

“Dan kita awasi juga negosiasi ini. Dan para negosiator ini juga harus punya nyali. Jadi semua kita harus sama-sama punya nyali untuk (melawan-red) Freepot. Kawan-kawan aktivis juga kita tunggu juga nyalinya.”

“Dengan modal spanduk, dengan bakar-bakar kecil pun jadilah. Yang penting itu sikap kita terhadap Freeport. Ia harus tunduk pada kemauan kita dalam hal ini kemauan bangsa kita, dan jika tidak mau tunduk kita usir Freeportnya,” tutupnya.

Berikut cuplikannya:

Laporan: Chienk