Surabaya, Aktual.com – Anak-anak difabel atau berkebutuhan khusus tampil memukau saat berlenggak-lenggok di “catwalk” sepanjang 1,6 kilometer dengan mengenakan kostum defile India di Kids Carnival dalam rangkaian Jember Fashion Carnaval (JFC) ke-17 di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Jember hingga Lippo Plaza Jember, Jawa Timur.

“Semua anak berhak untuk tampil di JFC, termasuk anak-anak berkebutuhan khusus yang memiliki semangat yang luar biasa,” kata Presiden JFC Dynand Fariz di Jember.

Selain anak-anak berkebutuhan khusus, Kids Carnival juga diikuti oleh komunitas “Smile World” yang merupakan komunitas mantan pasien bibir sumbing Rumah Sakit Bina Sehat dan kini sudah dioperasi, sehingga penampilan mereka juga tidak kalah dengan anak-anak normal lainnya.

“Anak-anak yang tampil di JFC Kids tidak hanya menumbuhkan keberanian dan kreativitas anak, akan tetapi juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri bagi perkembangan jiwa mereka untuk menjadi generasi muda yang berkualitas,” kata Asisten Pemerintahan Pemkab Jember Hadi Mulyono dalam sambutannya mewaliki Bupati Jember saat membuka Kids Carnival JFC.

Anak-anak yang berkebutuhan khusus pun selalu menebar senyum di hadapan penonton dan para fotografer, bahkan penampilan seorang peserta difabel yang memiliki hanya satu tangan dapat memukau dan mengundang decak kagum para penonton.

(Andy Abdul Hamid)