Menkopolhukam Wiranto (kiri) bersama mantan Presiden dan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao usai melakukan pertemuan terbatas di Jakarta, Minggu (21/8/2016). Dalam pertemuan tersebut membahas batas perairan laut antara Indonesia, Australia dan Timor Leste.

Jakarta,Aktual.com – Pemerintah Indonesia dan Timor Leste hingga saat ini belum menyelesaikan kesepakatan mengenai batas laut kedua negara pasca memisahkan diri dari NKRI.

Namun ada peluang hal itu terealisasi setelah adanya pertemuan mantan Perdana Menteri Timor Leste dengan Menkopolhukam Wiranto di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (21/8).

Menkopolhukam Wiranto mengatakan, pemerintah tengah berupaya menyelesaikan batas maritim dengan Timor Leste. Menurutnya, proses tarsebut dilakukan secara bertahap.

“Ya ini (batas negara) terus menerus ya kita selesaikan. Tidak bisa langsung selesai ya, bertahap,” ujar Wiranto, Senin (22/8).

Pasalnya, negara yang dahulu salah satu provinsi di Indonesia itu pekan depan akan membawa sengketa terkait batas laut dengan Australia ke Mahkamah Internasioanal.

“Salah satunya kita membahas batas laut Indonesia, Timor Leste dan Australia,” sambung mantan Panglima ABRI itu.

Yang pasti, Witanto menambahkan Pemerintah berharap agar masalah ini dapat segera terselesaikan menyangkut batas teritorial kedua negara. “Kita harapkan dalam waktu cukup singkat bisa selesai ya,” tandasnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo dalam pertemuan bilateral dengan pemerintah Timor Leste beberapa bulan lalu, sempat membahas penyelesaian garis batas kedua negara dengan pemerintahan Timor Leste, yang baru merdeka pada 20 Mei 2002 setelah lepas dari Indonesia melalui referendum pada Agustus 1999.(Fadlan Syam Butho)

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Andy Abdul Hamid